Selasa, 10 April 2012

Facebook beli Instagram $1 Miliar

Pembelian Instagram oleh Facebook senilai $1 miliar seperti diumumkan Mark Zuckerberg kemarin (9 April) memang sangat mencengangkan. Bukan saja karena Instagram baru sepekan hadir di Android setelah sebelumnya hanya eksklusif untuk iPhone, tetapi juga nilai transaksi yang sangat besar. Disebut sangat besar karena Instagram merupakan aplikasi yang baru berusia hampir dua tahun untuk iPhone dan seminggu untuk Android.
Co-founders Kevin Systrom dan Mike Krieger cukup jelas menyampaikan tujuannya dalam peluncuran Instagram; “Untuk mengubah dan meningkatkan cara dunia dalam berkomunikasi serta berbagi.”



Dan berikut ini adalah pernataan Mark Zuckerberg tentang pembelian Instagram




Dan kini, tim dibalik photo sharing app Instagram telah mewujudkan satu hal yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya: menjadikan Instagram senilai $1 miliar hanya dalam 18 bulan, setelah rilis di Apple App Store pada 6 Oktober 2010 dan masih bernilai $500 juta pada Maret lalu lalu dalam waktu sebulan Instagram menyerahkan dirinya pada Mark Zuckerberg senilai $1 miliar.

Sampai saat ini, Instagram memiliki pengguna lebih dari 30 juta orang dengan jumlah upload rata-rata 5 juta foto per hari. Dan itu mustahil terjadi jika Instagram hanyalah aplikasi yang biasa-biasa saja.

Setelah user install Instagram maka user akan segera memotret kapanpun dan dimanapun, menambahkan filter dan mendapatkan follower. Tim Instagram mengerti bahwa kekuatan smartphone masa kini ada pada kamera dan mereka masuk di dalamnya dengan segala keistimewaan yang bisa mereka ciptakan. Dan userpun menikmatinya.

Meski tim Instagram memberikan banyak fitur dan kompleksitas dalam pembuatan Instagram tetapi faktanya aplikasi photo-sharing ini tetap simpel saat tiba di tangan user. Tambahan fungsi hashtag pada Januari 2011 juga merupakan update revolusioner yang memudahkan user bisa mencari user dan foto satu sama lain.

Lalu kenapa Instagram mau beralih ke tangan Mark Zuckerberg, bukkannya ke markas besar Apple yang telah hampir dua tahun membesarkan nama Instagram?

Paul Sloan dari situs Cnet mengungkap bahwa seorang investor Apple memberitahukan padanya tentang adanya sebuah rumor kesepakatan rahasia antara Instagram dan Apple. Rumor yang berkembang dalam tubuh Apple itu menyebut bahwa Apple akan menggunakan fitur Instagram JIKA Instagram TIDAK mengembangkan versi Android. Tapi seperti Anda tahu, pekan lalu Instagram telah rilis untuk Android dan sumber Cnet tersebut mengatakan, “Mungkin mereka mau dibeli Facebook karena pertumbuhannya tidak se-organik seperti yang diinginkan.”

Well, jika rumor tersebut benar maka hal itu cukup menjawab kenapa Instagram baru rilis versi Android pekan lalu, setelah hampir dua tahun hadir untuk iPhone.

Yang pasti, Instagram bukanlah sebuah perusahaan besar dengan ratusan pegawai. Situs Wikipedia mencatat bahwa saat dibeli Facebook, tim Instagram hanya terdiri dari 13 orang, dan semuanya secata total bernilai $1 miliar…



#Gopego

Tidak ada komentar:

Posting Komentar