Minggu, 15 April 2012

14 April 2012: 100 Tahun Titanic Tenggelam


14 April 2012: 100 Tahun Titanic Tenggelam

Kemarin tepat satu abad kapal pesiar mewah Titanic tenggelam di Samudra Atlantik Utara. Ini adalah perjalanan yang naas meski kapal didukung mesin dan teknologi canggih pada saat itu. Penyebab tragedi ini adalah gunung es yang menyebabkan Titanic terbelah menjadi dua lalu tenggelam. Padahal sebelumnya kapten kapal menyatakan kapal super mewah ini tidak akan pernah tenggelam karena teknologi canggih yang digunakan waktu itu.

Pada tanggal 10 April 1912 Titanic bertolak dari Southampton, Inggris, menuju New York. Empat hari setelah berlayar kapal Titanic tenggelam menabrak gunung es dengan membawa 1,500 penumpang. Selama beberapa tahun setelah tenggelam kapal Titanic tidak pernah terganggu di dalam air pada kedalaman 12,000 kaki atau sekitar 3,657,600 meter. Tapi pada tahun 1985 sebuah kapal selam canggih milik Angkatan Laut Amerika lakukan penelitian. Kapal selam yang digunakan untuk meneliti itu bernama Alvin.

                            


Alvin lakukan penelitian dengan membawa tiga awak (dua peneliti dan satu pilot) melakukan penyelaman selama enam sampai sepuluh jam. Dari penelitian itu panjang Titanic adalah 12 meter dan beratnya 17 ton. Meski sudah 100 tahun Titanic tenggelam tapi tragedi ini sampai sekarang masih terus dikenang. Kisah tragis Titanic sudah sudah banyak dibuat novel dan bahkan difilmkan, juga ada sebuah lagu dengan suara mendayu-dayu yang dinyanyikan oleh Celine Dion.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar